this is my blog...my mind...and this is my opinion about what i feel...

this is my blog...my mind...and this is my opinion about what i feel...

11 Desember 2010

PEMBUATAN PASPOR ONLINE

Bulan Mei ini, aq dan spupu2Q berencana jalan2 ke LN. Gara2 itu..jadilah diriQ bersibuk2 ria mencari tau bagaimana cara membuat paspor (maklum, belom pernah ke LN ^^ ). Awalnya sih pengen pake calo aja, karna kata salah seorang temen dalam sehari bisa langsung jadi..tapi ternyata...MAHAL boookkk.... Untuk sebuah paspor yang jadi sehari dibutuhkan uang sebesar 1.2 jt, kalo mo jadi 2 hari 600rb. hmmm...koq jadi mahalan bikin paspornya yah..

Akhirnya, karena dana yang terbatas..diputuskanlah untuk membuat paspor sendiri. Dari hasil googling, ternyata sekarang dah bisa bikin paspor secara online (sayang..walo katanya online, tetep aja qt harus ke kantor imigrasinya juga).
Minggu malam (12/04/09) aq mendaftarkan diri untuk membuat paspor secara online. Jangan lupa buat ngescan dulu data2 yang diperlukan untuk di attach di form pendaftaran yach..(scan dengan format Jpeg dan ga berwarna).

Senin paginya berangkat ke kantor imigrasi Jakarta Selatan (yang paling deket sama kantor), sampai disana jam 9an dan ternyata dah ngantri.

Setelah membeli form yang ada tulisannya cuma2 (tapi bayar 5rb) di tempat fotocopy, langsung menuju mesin antrian untuk mengambil nomor. Saat nomor antrianQ dipanggil, sambil menyerahkan form dan semua dokumen yang dibutuhkan (asli dan fotocopy) aq memberitahu petugas yang melayani kalo semalam sudah mengisi secara online. Saat itu dia minta bukti pendaftaran (maksudnya, print-an hasil pendaftaran online yang ada nomor pendaftarannya). karna emang ga tau kalo harus begitu, terpaksalah pergi ke warnet terdekat untuk memprint buktinya.
Setelah data2Q diterima sama sang petugas yang baek hati, dia minta datang lagi jam setengah dua untuk foto n wawancara (karna saat itu dah jam setengah 12..dah mo makan siang). Ternyata, kalo udah ngisi secara online, hari itu juga bisa langsung foto dan wawancara.
Jam setengah dua, aq dateng lagi ke loket pendaftaran..setelah menunggu beberapa saat akhirnya petugas memberikan kertas untuk pembayaran biaya pembuatan paspor. naik ke lantai 2 tempat ruangan kasir, lunasin pembayaran sebesar 270rb, dan langsung diminta untuk keruang foto.

Bukti pembayaran tadi diberikan ke petugas yang ada diruang foto (tambahan ga penting..aq ngasih tanda buktinya berbarengan sama co ganteng loh ..xixixi...). Beberapa waktu kemudian dipanggilah namaQ untuk foto (petugasnya baek, mau aja diminta fotoin ulang..maklumlah, karna ga tau mo langsung difoto waktu itu pergi tanpa pake make-up sedikitpun ). sesi pemotretan selesai *kaya artis aja, pake sesi pemotretan segala*, pindah keruangan lain untuk wawancara...ternyata oh ternyata...petugasnya sodaraan sama salah satu kenalanQ n ternyata oh ternyata lagi...dia ga tau gimana cara daftar paspor online (jangankan tau cara daftarnya, websitenya aja ga tau) n malah minta diajarin ^^. Setelah selesai wawancara yang kaya ngobrol2 biasa, dimintalah untuk mengambil paspor hari Jumat (loket buka jam 08.00 - 15.00).

Hari ini (17/04/09), sebelum berangkat ngantor aq menyempatkan diri kekantor imigrasi dulu untuk mengambil paspor. Dalam waktu sekitar 15 menit, pasporpun sudah ditangan. hari ini di kantor imigrasi cuma nambah 500 perak buat fotocopy, dan kalo mau beli sampul harganya 3rb aja..

Ternyata bikin paspor itu ga ribet...ato cuma lagi beruntung aja yah, ketemu petugas2 yang baek hati .

Notes:
Dokumen-dokumen yang dibutuhkan:
- Kartu Tanda Penduduk (KTP)
- Kartu Keluarga
- Ijazah/STTB (karna belom ngambil ijazah kuliah, aq cuma pake STTB SMA..n ternyata boleh)
- Akte lahir
- Surat rekomendasi kantor/sponsor

Tidak ada komentar:

Posting Komentar